Jumat, 23 Maret 2012

Mengulas Salah Satu Website Yang Ada Di Gunadarma


          Kali ini saya akan mengulas tentang salah satu website yang terdapat di gunadarma, yaitu UGNews yang bisa diakses di alamat http://ugnews.gunadarma.ac.id/ . Hal yang akan saya bahas meliputi jenis website, usability, desain, serta accessibility dari website ini. Semua tulisan pada posting-an ini adalah pendapat saya sendiri dan saya tidak bermaksud untuk menjelek-jelekkan ataupun membesar-besarkan website ini secara berlebihan. Pendapat saya ini apa adanya dan semoga ini bisa menjadi saran supaya website ini bisa semakin berkembang lagi ke depannya. Baiklah saya akan memulai pembahasan saya tanpa panjang lebar lagi.


        Website UG News ini merupakan versi online dari tabloid Universitas Gunadarma yang beredar di setiap lokasi kampus Gunadarma setiap bulan pada tanggal 5 dan 20. Di sini kita bisa melihat hasil scan dari edisi-edisi tabloid Gunadarma mulai dari edisi yang lalu hingga sekarang.

Gambar 1 Screenshot home UGNews
Dari yang saya lihat di sini, saya dapat menyimpulkan bahwa jenis website ini bersifat statis, artinya user tidak dapat berinteraksi dengan sesama user lain maupun admin dari website itu sendiri. Ini terbukti dari tidak adanya fitur chatting semacam shoutbox pada Yahoo! Messenger ataupun jenis yang lainnya, selain itu komentar dari setiap posting dimatikan, artinya kita tidak bisa mengomentari setiap posting-an tersebut dan kita sama sekali tidak bisa berinteraksi antar user.
            
Gambar 2 Screenshot Salah Satu Posting

                Untuk usability (Kemudahan user dalam mengakses), website ini sudah cukup user friendly. Hal ini dapat dilihat dari kemudahan navigasi yang terdapat pada beranda utama website ini, seperti navigation bar yang terdapat di atas website. Navigation bar ini cukup atraktif, ketika kursor menunjuk salah satu kategori, maka akan muncul dropdown menu berisikan subkategorinya walau tidak semua. Contohnya bisa dilihat di screenshot di bawah ini.

Gambar 3 Navigation Bar Website UGNews
Selain itu kita dapat berlangganan website ini dengan cara mengisikan alamat e-mail di kanan atas seperti di Gambar 3 (Kotak berwarna biru). E-mail yang dikirimkan ke alamat e-mail kita akan berupa pemberitahuan jika terdapat posting-an terbaru (Baik dari UGNews maupun dari website-website Gunadarma lainnya).

Pengguna juga dimudahkan untuk dapat menemukan posting-an yang dicari dengan menggunakan link-link yang terdapat di sebelah kanan tengah website (Easy accessibility). Ada Recent Post yang berisikan direct link ke posting-an paling baru, Tags untuk melihat posting-an berdasarkan tag yang ada, Categories untuk melihat posting-an berdasarkan kategori, dan Archives untuk melihat posting-an berdasarkan bulan. Ada juga direct link menuju alamat website gunadarma yang lainnya.


Gambar 4 ­Direct Link UGNews

        Selanjutnya mengenai masalah desain atau layout dari website ini. Desainnya sangat sederhana dan tidak terlalu memberatkan untuk membukanya sehingga bagi pengguna yang mempunyai koneksi internet yang lambat masih dapat mengaksesnya. Tampilan yang sangat standar ini memiliki sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya adalah kemudahan pengguna untuk dapat mengakses website ini bahkan bagi yang memiliki koneksi internet yang lambat. Sedangkan sisi negatifnya adalah desain yang standar ini akan membuat pengguna merasa bosan karena tampilannya yang statis dan tidak atraktif. Mungkin ini salah satu faktor yang membuat website ini cukup jarang dikunjungi pengguna.

        Inilah sedikit yang dapat saya sampaikan mengenai pendapat saya tentang website UGNews ini. Pendapat saya tentang website ini cukup bagus dalam soal kemudahan pengaksesan, namun dalam segi desain sangat minim. Tidak ada daya atraktif dari website ini sehingga para pengguna “enggan” untuk mengakses website ini. Selain itu website ini masih kurang efisien karena terdapat direct link untuk setiap kategori yang sama, yaitu di bagian atas (Navigation bar) dan di bagian kanan (Categories). Ada baiknya jika hanya Navigation Bar saja ataupn Categories saja, karena dua bagian itu menuju pada link-link yang sama. Selain itu dalam segi konten kalau bisa tidak disajikan dalam bentuk scan tabloid Universitas Gunadarma, namun dalam bentuk artikel biasa atau alternatif lainnya diposkan link download versi softcopy dari tabloid tersebut dalam satu kesatuan tiap bulannya (Bukan di-posting satu-satu tiap judul)  sehingga memudahkan pengguna untuk mengunggahnya dan membaca tabloid tersebut. Di bagian beranda utama (Home) diposkan headline news dari tiap edisinya. Desainnya kalau bisa ditingkatkan lagi, seperti menjadikan cover edisi terbaru tabloid Gunadarma sebagai background di website tersebut, sehingga menambah nilai estetika lebih dan membuat pengguna memiliki keinginan dan tertarik untuk dapat megakses website tersebut. Itu saja ulasan saya mengenai website ini. Semoga artikel ini bisa menjadi masukan supaya website ini dapat berkembang lebih baik lagi untuk ke depannya nanti.

Share/Bookmark

10 komentar:

  1. Wow, nice review both content and design (image layout). Keep on writing, Dude! Anyway thank you for suggestions of UG News Site, it will be considered.. :)

    BalasHapus
  2. You're welcome. Thanks for the comment anyway. :D

    BalasHapus
  3. Oh ternyata UGNews itu ada versi onlinenya yaa...
    Kere... keren....
    ane mau nanya nih gan untuk ugnews.gunadarma.ac.id. kalau pada kutipan anda "saya dapat menyimpulkan bahwa jenis website ini bersifat statis".
    Meskipun website yang dinamis/statis itu ditinjau dari :

    1. Interaksi antara pengunjung dengan pemilik web

    Bukannya website ini sifatnya dinamis ya gan ? Karena setahu saya dinamis itu juga ditinjau dari :
    2. Adanya script language yang digunakan
    kalau statis itu hanya HTML dan dinamis itu juga memakai PHP,ASP dll.. bahkwan website ini juga memakai CMS wordpress yang isinya full PHP.
    3. Penggunaan database
    pastinya makai database, karena untuk menyimpan postingan2 terbaru di UGNews.
    .....
    Jadi gimana gan ? websitenya statis apa dinamis ?

    BalasHapus
  4. Yang dimaksud statis di sini dilihat dari luarnya, bukan dari script apa yang digunakan untuk membuat website tersebut. Jadi untuk "kulit" luarnya bersifat statis dan untuk script-nya bersifat dinamis. FYI, yang dibahas di sini adalah interface dari website tersebut, bukan dalamnya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira contoh web yg statis itu hanya dibuat dari HTML saja, sedangkan yang dinamis juga pakai yg lainnya seperti PHP..
      hehehee.. maav gan :D

      Hapus
    2. Hmm, tergantung perspektif masing-masing orag sih web statis itu sepeti apa. Kalau menurut ane web statis itu ya tidak adanya interaksi antara admin ke user atau user ke user lainnya. :D

      Hapus
  5. saran aja ton... kalo bisa screenshootnya di perbesar lagi dikit. aga kurang jelas soalnya hehe... makasih yaaa.. sekalian mampir bisa kali yah ? nih linknya http://tinyurl.com/6wlo36e XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, sebenarnya sih screenshot-nya uda cukup besar. Klik gambarnya, maka otomatis Blogger akan menampilkan gambar tersebut dengan ukuran original-nya. But thanks for the comment anyway. Hahay. :D
      Yo, sama-sama. Sip, ane segera ke TKP. :D

      Hapus
  6. hahay nice post gan..

    mau nanya ni, apakah ug news ini sama isi beritanya dan informasinya dengan tabloid gunadarma?..

    Thanks :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, benar-benar sama, karena website ini "menampung" softcopy dari UGNews (Tabloid Gunadarma) versi cetaknya. :D

      Hapus

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.