Minggu, 11 Maret 2012

Perkembangan Website Di Tahun 2012


          Kali ini saya akan membahas tentang perkembangan website di tahun 2012 ini. Seperti yang sudah kita ketahui dan kita rasakan bahwa di zaman yang semakin canggih dan cepat ini, orang-orang bisa mendapatkan segala macam ilmu pengetahuan ataupun informasi-informasi terkini secara cepat melalui internet. Dengan adanya internet ini, maka kita dapat mengetahui segala informasi yang kita butuhkan di seluruh dunia, dari yang sebelumnya kita hanya bisa mendapatkan informasi dari mulut ke mulut dan tentunya membutuhkan waktu yang lama supaya informasi tersebut dapat sampai ke kita. Hari ini semua masalah itu dapat diatasi melalui internet. Internet itu tidak terlepas dari yang namanya website, karena tanpa website kita tidak dapat membagikan dan membaca suatu informasi serta berinteraksi. Jadi, saya mulai tertarik dengan website yang sedang trend di tahun 2012 ini dan saya akan mencoba membagikan apa pendapat saya dan yang saya tahu mengenai ini di posting-an kali ini.


        HTML 5 telah membuat sebuah website-website sekarang ini memiliki fitur yang kaya. Tidak hanya dalam berupa tulisan saja yang dapat dimasukkan ke dalam sebuah website, namun konten-konten multimedia seperti video, audio, dan gambar bisa kita masukkan ke dalamnya. Hal ini tidak terlepas dari web 2.0 dan kemudahan dalam mengakses internet di zaman sekarang ini. Sebuah website seiring berkembangnya zaman harus bisa terus di-upgrade agar website tersebut tidak tertinggal seiring berjalannya waktu. Di sini para pembuat website harus jeli dalam melihat pangsa klien maupun pengguna biasa akhir-akhir ini. Orang-orang saat ini lebih menyukai sesuatu hal yang mempunyai nilai estetika yang lebih, baik itu dalam desain background-nya, interaktif, sangat bergunanya suatu informasi tersebut, serta kemudahan dan kenyamanan daam mengakses website tersebut. Berikut saya akan memaparkan perkembangan website yang trend saat ini dan yang akan datang berdasarkan sumber-sumber yang telah saya kumpulkan:

·        Sebuah website harus berkembang secara progresif
Intinya adalah sebuah website harus bisa berkembang secara terus-menerus seiring perkembangan zaman. Kita harus bisa melihat pangsa dari sasaran yang kita tuju, yaitu pengguna itu sendiri (Seperti yang telah saya utarakan di atas). Zaman ini adalah zaman yang serba mobile. Kita bisa melihat bahwa begitu banyak orang-orang yang membawa gadget-gadget seperti HP. Mereka rela membayar lebih mahal agar dapat membeli sebuah HP yang memiliki fitur yang canggih untuk dapat digunakan tidak hanya sebagai alat untuk mengirim pesan ataupun bertelepon, namun bisa digunakan untuk multimedia. Kini dengan adanya kemunculan tablet, orang-orang lebih banyak mengakses sebuah informasi melalui website, karena selain layarnya yang lebar sehingga nyaman dalam membaca suatu artikel di website, tablet bisa dibawa ke mana-mana dan tidak terlalu berat seperti halnya laptop. Dari sini dapat dilihat bahwa sasaran para pembuat website ini adalah bagaimana sebuah website hasil ciptaannya dapat diakses di platform dan gadget apapun.

·        Desain Yang Responsif
Sebuah website yang banyak diakses orang sehingga menjadi trend adalah jika website tersebut bisa memiliki desain responsif. Artinya website tersebut harus bisa fleksibel, tidak harus disajikan dalam ukuran layar lebar. Misalnya kita membaca sebuah artikel yang di-posting di website untuk ukuran layar laptop, artinya kita harus membaca artikel tersebut di komputer yang memiliki layar yang cukup lebar macam laptop, PC, ataupun netbook. Adalah lebih baik jika website tersebut dapat diakses oleh platform lain ataupun dalam ukuran layar yang lebih kecil (Misal ketika kita me-minimize browser kita, artikel tersebut dapat mengikuti ukuran layar tersebut sehingga kita tidak perlu scrolling kiri-kanan untuk dapat membaca artikel tersebut) Dengan kemudahan website tersebut untuk dapat diakses di alat apapun (PC, HP, tablet) akan menjadi nilai lebih dari website tersebut dan tentu saja akan menjadi trend zaman ini. Contoh website yang telah menggunakan fitur ini adalah Elliot Jay Stocks. Saat ini masih belum terlalu banyak website yang menggunakan fitur ini, namun diperkirakan di akhir tahun 2012 ini akan menjadi trend.


Gambar 1 Elliot Jay Stocks website yang menggunakan fitur web yang responsif

·         Dukungan Flash
Dari beberapa sumber yang telah saya baca, ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa di tahun ini dukungan flash sudah mulai ditinggalkan oleh para pembuat website karena gadget-gadget yang telah populer dan mendunia (Dibandingkan PC dan laptop) seperti Android dan RIM BlackBerry tidak mendukung flash sehingga dapat menurunkan rating pengguna website tersebut karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa pada zaman ini mayoritas orang lebih memilih sesuatu yang mobile macam HP atau tablet PC, namun ada juga yang berpendapat bahwa dukungan flash itu sangat penting bagi sebuah website karena itu dapat menjadi nilai lebih dari keatraktifan website tersebut. Menurut saya penggunaan flash pada website di tahun 2012 ini masih trend, karena selain menarik juga dapat menjadi ciri-ciri yang unik dari website tersebut, seperti demo video Sean Christmann yang disajikan dalam bentuk screenshoot di bawah ini.


Gambar 2 Screenshoot Demo Video Sean Christmann

·         Sosial Media
Website ini sangat trend akhir-akhir ini, karena dengan adanya jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan Goggle+ kita dapat menjalin pertemanan serta bisa berkomunikasi satu sama lain secara interaktif di dunia maya. Kita bisa membagikan cerita kita melalui update status ataupun membagikan video maupun gambar kepada teman-teman kita di dunia maya ini. Namun, desain grafis bernama Tom Muller memperkirakan bahwa akan ada banyak jejaring-jejaring sharing sosial dan aplikasi akan mencoba untuk mengambil sebagian kecil dari fitur-fitur facebook dan twitter, lalu pada akhirnya mengintegrasikan fitur-fitur tersebut ke dalam layanan mereka. Dia juga membayangkan bahwa facebook akan “menawarkan tools untuk membuat sebuah situs (sites), daripada hanya sebuah halaman (pages)”, untuk memuaskan keinginan orang banyak dalam hal “integrasi keberlanjutan dengan media sosial, dan layanan yang mengizinkanmu untuk membagikan kehidupanmu secara online.”

            Mungkin sampai di sini saja pembahasan saya mengenai perkembangan website di tahun 2012 ini yang trend ataupun yang akan trend nantinya. Kalian bisa membaca lebih lengkap lagi mengenai perkembangan website di tahun 2012 ini melalui referensi yang saya berikan di bawah artikel ini. Intinya di tahun 2012 ini:
-       Bagi kalian yang baru ingin terjun di duni website, untuk bisa memuat sebuah website yang trend, dibutuhkan kecermatan dalam melihat pangsa pasar sekarang ini; dan
-       Bagi para pembuat website yang sudah menciptakan website-nya (Baik yang expert maupun yang beginner), selain kalian harus cermat, kalian juga harus bisa siap fisik dan mental dalam menghadapi perkembangan zaman yang selalu dinamis ini. Kalian harus bisa membuat website yang sesuai dengan tuntutan zaman, bukan apa yang sesuai dengan apa yang kalian mau saja agar website kalian bisa trend atau populer di dunia maya.
Semoga bisa membantu kalian semua dalam mengembangkan sebuah website. :D

Referensi:


(Artikel referensi diakses pada hari Sabtu, 10 Maret 2012 pukul 14:09 WIB)

Share/Bookmark

2 komentar:

  1. banyak sekali yang membahas tren website 2012 seperti ini, hehe.. :)

    BalasHapus
  2. Iya ni. Hehe. Saya menemukan artikel yang cocok tentang perkembangan website yang trend di 2012 hanya ini saja sepertinya. Pembahasannya lengkap si. :D

    BalasHapus

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.