Rabu, 04 Mei 2011

BADA

       Waduh, sudah lama juga nih saya tidak update. Maklum, akhir-akhir ini saya lagi dalam masa sibuk-sibuknya UTS, jadinya saya fokus ke UTS dulu deh. Ada waktu luang dipakai dikit buat update blog nih. Hehe J. Nah, setelah sebelumnya saya telah membahas sistem operasi mobile yang bernama Android, kini saya akan membahas sedikit tentang sistem operasi pada platform Samsung, yaitu Bada. Wah, sebagian dari kita mungkin belum ada yang mengetahui atau bahkan pernah mendengar tentang sistem operasi ini. Demi menghilangkan rasa ketidaktahuan Anda, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.


Gambar 1 : Ikon daripada bada OS
        Samsung Bada adalah sebuah platform ponsel pintar, yang diciptakan untuk jangkauan lebar daripada ponsel, yang diperkenalkan ke dunia pada tahun 2010. Nama “bada” sendiri diambil dari bahasa Korea 바다 yang berarti “lautan” dan “lepas pantai”. “bada” ini sendiri menyelimuti kemungkinan terbuka dari lautan, artinya system operasi ini mengakomodasi berbagai macam aplikasi yang diciptakan oleh para pengembang serta menyediakan ruang baru menarik yang menawarkan kenikmatan yang tidak dapat dipresedensikan kepada para penggunanya.

        Bada ini sedang dikembangkan oleh Samsung Electronics untuk penggunaan di ponsel dan ponsel pintar low-end (menengah ke bawah), didesain untuk menjangkau cakupan dari fitur ponsel pintar low-end hingga high-end (Menengah ke atas). Samsung mengklaim bahwa Bada akan secara cepat menggantikan platform ponsel berfitur biasa mereka, secara efektif menkonversikan ponsel berfitur biasa (bukan ponsel pintar) menjadi ponsel pintar.

Visi Bada
        Visi daripada Bada adalah “Smartphone to everyone” (Ponsel pintar untuk semua orang). Tujuan utama Bada bukanlah untuk bersaing dengan platform-platform ponsel pintar yang sudah ada. Melainkan, Bada akan mengubah pelanggan konvensional Samsung (pembeli ponsel standar) menjadi pengguna ponsel pintar dengan menyediakan ponsel pintar yang ramah biaya. Ini berarti bahwa bada akan membuka dan memperlebar pasar ponsel pintar baru di dunia ini, yang tidak pernah ada sebelumnya di dunia pasar mobile seperti ini. Bada akan mengubah sebuah pasar baru ponsel pintar menjadi sebuah “lautan biru yang baru”.

Sejarah Bada
       Samsung bada mempunyai sejarah panjang selama hampir 10 tahun (dalam prosesnya). Pada saat ini sudah menjadi platform yang dikendalikan oleh Samsung dan sudah tersebar ke seluruh dunia di banyak handset (ponsel) yang sukses. Untuk membuat platform buatan Samsung ini menjadi lebih pintar, mereka menambahkan fitur-fitur yang menarik seperti multipoint-touch, grafik 3D, peningkatan UI (User Interface / antarmuka pengguna), dan tentu saja unduhan aplikasi dan instalasi, oleh karena itulah bada ini lahir. Samsung bada dibuktikan telah dipercaya dengan sejarah suksesnya dan juga peningkatan akan fitur-fitur barunya.

        Samsung mengumumkan platform Bada ini pada tanggal 10 Nopember 2009. Setelah pemberitahuannya, Samsung Wave S8500 pertama kali dimunculkan di Mobile World Congress 2010 di Barcelona pada Pebruari 2010. Pada waktu itu, aplikasi yang berjalan di ponsel Bada pertama ini didemonstrasikan, termasuk permainan Asphalt 5 yang dikeluarkan Gameloft. Setelah peluncurannya, perusahaan-perusahaan seperti Twitter, EA, Capcom, Gameloft dan Blockbuster menunjukkan dukungannya untuk platform Bada ini. Pada Mei 2010 Samsung merilis perlatan pengembangan software atau Software Development Kit (SDK) versi beta (percobaan) mereka untuk Bada supaya menarik para pengembang. Di samping itu, Samsung memulai tantangan pengembang Bada ini dengan hadiah total senilai $2,700,000 (USD). Pada Agustus 2010 Samsung merilis versi 1.0 untuk SDK-nya. Sekedar informasi saja bahwa hingga saat ini Samsung telah merilis SDK Bada mereka versi 1.2.1 (info lebih lanjut bisa dilihat di situnya: http://www.bada.com/ ). Ponsel pertama berbasis Bada adalah Samsung Wave S8500, dirilis pada tanggal 1 Juni 2010, yang terjual hingga satu miliar ponsel di 4 Minggu pertamanya di pasar setelah peluncuran.
Gambar 2 : Ini dia Samsung Wave S8500

            Samsung Wave S8500 ini adalah ponsel slim layar sentuh yang ditenagai oleh CPU Samsung “Hummingbird” (S5PC110), yang termasuk 1 GHz ARM Cortex-A8 CPU dan sebuah PowerVR SGX 3D mesin grafis yang tertanam, layar "Super AMOLED" dan kemampuan high-def video 720p.  Walaupun begitu, Samsung Wave S850 sekarang ini sudah tidak pernah dirilis lagi modelnya. Ponsel ini tersedia di pasaran pada Nopember 2010 dan memiliki layar sentuh LCD kapasitif 3.7" Super Clear. Ponsel ini akan diisikan dengan Bada 1.2 terakhir yang belum dirilis.
Ponsel ini pada awalnya diluncurkan dengan sistem operasi
Bada versi 1.0. Sesudah peluncurannya, Samsung merilis versi 1.0.2, yang berisikan perbaikan kecil untuk pengguna di Eropa. Versi ini akan tersedia di seluruh dunia dalam waktu dekat ini. Versi Bada 1.2 terakhir saat ini dirilis di ponsel Samsung S8530 Wave II. Versi alpha (tetap) dari Bada 2.0 diperkenalkan pada tanggal 15 Pebruari 2011.

        Dengan dirilisnya Samsung Wave ini, maka Samsung membuka gudang aplikasi internasional yang bernama Samsung Apps untuk platform Bada. Pada Juli 2010, Samsung Apps mmiliki 300 aplikasi untuk ditawarkan, 70% diantaranya adalah gratis. Samsung memperkirakan bahwa di akhir tahun 2010 jumlah aplikasi yang tersedia di Samsung Apps mencapai 7000 aplikasi. Pada akhirnya Samsung tidak berhasil mengenai sasarannya. Ini terbukti dari aplikasi yang ada di Samsung Apps tersebut hanya sekitar 3000 aplikasi di akhir kuarter pertama 2011.

        Nah, mungkin sampai sini dulu penjelasan singkat saya mengenai system operasi Bada ini. Untuk mengetahui lebih lanjut bisa melihatnya di situs resminya (http://www.bada.com/ ) atau di http://en.wikipedia.org/wiki/Bada_(operating_system). Apakah kalian pengguna Bada OS berikutnya? Keputusan ada di tangan kalian. :D

Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.