Selasa, 11 Januari 2011

Booming Piala AFF

      Satu bulan yang lalu, telah diadakan suatu kejuaraan yang cukup besar dan megah di kawasan ASEAN, yaitu kejuaraan AFF. Sebenarnya apa sih itu kejuaraan AFF? Kejuaraan AFF adalah kompetisi sepakbola yang diorganisir oleh ASEAN Football Federation (Federasi Bola ASEAN (AFF)) dan dihadiri oleh tim-tim nasional di Asia Tenggara.

        Sebelumnya kejuaraan ini tidak terlalu heboh dan difokuskan, kini Indonesia mulai heboh gara-gara kejuaraan ini. Kenapa? Karena untuk kesekian kalinya Indonesia berhasil lolos semifinal dan lanjut ke babak final, walau akhirnya berhenti di babak final saja gara-gara dikalahkan Malaysia karena menang agregat. Awalnya Malaysia berhasil mengalahkan Indonesia di kandangnya, namun kemudian Indonesia berhasil membungkam Malaysia. Namun hasilnya tidak membuat Indonesia menang.

        Namun begitu, masih banyak yang harus dibenahi oleh Indonesia, khususnya pendistribusian tiket AFF ini. Banyak calo di mana-mana yang menyebabkan tiket telah cepat habis terjual, padahal masih banyak suporter yang belum kebagian tiket. Akibatnya para suporter yang tidak kebagian tiket mau tidak mau membeli tiket di calo dengan harga yang bisa berkali-kali lipa mahalnya dengan harga aslinya. Banyak suporter yang kecewa atas hal ini. Yang lebih parahnya lagi, para calo bebas berlalu-lalang melakukan aksinya tanpa takut akan diamankan oleh petugas keamanan di sana, karena petugas keamanannyapun tidak terlihat mau peduli akan hal ini.

        Kita sebagai tuan rumah final dan beberapa pertandingan lainnya di AFF, harusnya bisa melakukan pengamanan yang baik di segala lini. Kita harus bisa membuktikan kepada orang luar bahwa Negara Indonesia adalah Negara yang tertib dan nyaman. Lihat saja setelah selesai pertandingan, banyak suporter yang membuang sampah dengan sembrangan sehingga memuat lingkungan stadion menjadi kotor dan tidak enak dilihat. Masih banyak yang harus dibenahi, baik para pemainnya maupun dari suporternya sendiri. Untuk masalah dukungan terhadap pemain, suporter di Indonesia cukup mendukung dan mau menerima kekalahan dengan lapang dada. Biarlah melalui kejuaraan ini, kita semakin satu lagi dalam hubungan antar masyarakat dan bisa memperbaiki sikap dan mental Bangsa ini, baik keamanan maupun kesadaran dalam menjaga kebersihan dan sportivitas, jangan mengikuti kecurangan yang dilakukan oleh Negara lain (kalian tahu siapa). Maju terus Indonesia!!!

Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.