Di artikel kali ini, saya akan membahas secara singkat
tentang game 2D atau game berbasis dua dimensi. Telah saya
bahas di artikel sebelumnya bahwa dari sejak tahun 1978 hingga saat ini video game telah merambah console terkemuka di eranya
masing-masing, mulai dari Sega, Nintendo, hingga yang terkini adalah PlayStation 4.
Game yang dibuat khusus
untuk console seperti ini dimulai
dalam bentuk platform game. Platform game ini merupakan suatu game yang membutuhkan sebuah avatar untuk melompat, menahan, atau melewati
rintangan-rintangan yang ada dalam permainannya. Game ini berbasis dua dimensi, di mana pemain hanya bisa
menggerakkan avatar ke kiri, kanan,
atas atau bawah di mana latar tempatnya tergolong statis.
Game pertama yang berjenis platform adalah Space Panic yang
dikeluarkan oleh Universal pada tahun
1980.
|
Space Panic |
Game ini kurang memiliki
interaksi pemain, di mana pemain hanya bisa menggerakkan avatar yang bisa naik-turun
tangga dan jatuh, namun tidak bisa melompat, mengayun, atau semacamnya.
Selanjutnya pada tahun 1981 Nintendo merilis
platform game bernama Donkey Kong yang akhirnya dinobatkan
sebagai platform game terbaik di
zaman itu karena avatar sudah dapat
diarahkan untuk meloncat. Di game ini
diperkenalkan avatar yang akan
menjadi maskot Nintendo selama
beberapa tahun mendatang, yaitu Mario
Bros.
Di tahun selanjutnya, dibuat beberapa sekuel dari Donkey Kong ini, namun bukan tergolong
sebagai platformer (Istilah yang
dipakai untuk menyebutkan game yang
berjenis platform). Mario Bros pun dibuat dan kembali menuai
keberhasilan di bidang platform game
di mana pada game ini pemain bisa
memainkan dua karakter yang berbeda – Mario dan Luigi – secara
berganti-gantian. Selanjutya game Bubble
Bobble dirilis dan platform game ini
memilki ending yang berbeda-beda
tergantung kemampuan pemain dalam memainkan game
tersebut.
|
Bubble Bobble |
Perkembangan game terus
berlanjut hingga ke game yang
menggunakan scrolling movement (Latar
yang bisa bergerak sesuai dengan ke mana avatar
tersebut bergerak) seperti Super Mario
Bros dan New Super Mario Bros
pada tahun 1985. Di tahun 1987, Capcom membuat
terobosan baru di games dua dimensi
dengan merilisi Mega Man yang
memperkenalkan pilihan “pilih level” non-linear – tidak seperti game sebelumnya yang linear atau harus berurutan (Tidak bisa
memilih level yang diinginkan dengan
bebas).
Di tahun selanjutnya – yaitu di tahun 1990-an – console versi 16-bit kembali dihebohkan dengan platform
game generasi kedua, yaitu Sonic The
Hedgehog yang dirilis oleh Capcom.
Game ini telah menjadi maskot console Sega karena karakter Sonic yang fenomenal ini. Di platform game generasi kedua ini
diperkenalkan fitur baru seperti karakter AI
yang dibuat untuk mendukung avatar yang
dikendalikan oleh pemain (Seperti Strider
milik Capcom dan Shadow Dancer milik Sega). Desainnya juga lebih meningkat dibanding platform game generasi sebelumnya. Sekitar
tahun 1980 dan awal 1990-an, beberapa platform
game untuk PC juga sudah mulai
dirilis di pasaran, dimulai dari Amiga,
Shadow of the Beast, Turrican, Prince of Persia, dan masih banyak lagi. Di
tahun berikutnya, berkembang 2.5D game,
di mana gameplay-nya berjenis 2D,
namun dikombinasikan dengan tampilan visual 3D seperti Clockwork Knight yang
dirilis oleh Sega di tahun 1994.
|
Clockwork Knight |
Perkembangan
video game terus berkembang pesat
seiring dengan berkembangnya zaman, dan di beberapa tahun berikutnya akan
muncul 3D game yang akan menjadi game yang paling diminati hingga saat
ini – yang akan saya bahas sedikit di artikel berikutnya.
Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Platform_game
2D Game
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Thank you for your comment.I'm really appreciate it.