Senin, 20 Mei 2013

2D Game


Di artikel kali ini, saya akan membahas secara singkat tentang game 2D atau game berbasis dua dimensi. Telah saya bahas di artikel sebelumnya bahwa dari sejak tahun 1978 hingga saat ini video game telah merambah console terkemuka di eranya masing-masing, mulai dari Sega, Nintendo, hingga yang terkini adalah PlayStation 4.
Game yang dibuat khusus untuk console seperti ini dimulai dalam bentuk platform game. Platform game ini merupakan suatu game yang membutuhkan sebuah avatar  untuk melompat, menahan, atau melewati rintangan-rintangan yang ada dalam permainannya. Game ini berbasis dua dimensi, di mana pemain hanya bisa menggerakkan avatar ke kiri, kanan, atas atau bawah di mana latar tempatnya tergolong statis.

Game pertama yang berjenis platform adalah Space Panic yang dikeluarkan oleh Universal pada tahun 1980.
Space Panic
Game ini kurang memiliki interaksi pemain, di mana pemain hanya bisa menggerakkan avatar yang  bisa naik-turun tangga dan jatuh, namun tidak bisa melompat, mengayun, atau semacamnya. Selanjutnya pada tahun 1981 Nintendo merilis platform game bernama Donkey Kong yang akhirnya dinobatkan sebagai platform game terbaik di zaman itu karena avatar sudah dapat diarahkan untuk meloncat. Di game ini diperkenalkan avatar yang akan menjadi maskot Nintendo selama beberapa tahun mendatang, yaitu Mario Bros.

Di tahun selanjutnya, dibuat beberapa sekuel dari Donkey Kong ini, namun bukan tergolong sebagai platformer (Istilah yang dipakai untuk menyebutkan game yang berjenis platform). Mario Bros pun dibuat dan kembali menuai keberhasilan di bidang platform game di mana pada game ini pemain bisa memainkan dua karakter yang berbeda – Mario dan Luigi – secara berganti-gantian. Selanjutya game Bubble Bobble dirilis dan platform game ini memilki ending yang berbeda-beda tergantung kemampuan pemain dalam memainkan game tersebut.
Bubble Bobble
Perkembangan game terus berlanjut hingga ke game yang menggunakan scrolling movement (Latar yang bisa bergerak sesuai dengan ke mana avatar tersebut bergerak) seperti Super Mario Bros dan New Super Mario Bros pada tahun 1985. Di tahun 1987, Capcom membuat terobosan baru di games dua dimensi dengan merilisi Mega Man yang memperkenalkan pilihan “pilih levelnon-linear – tidak seperti game sebelumnya yang linear atau harus berurutan (Tidak bisa memilih level yang diinginkan dengan bebas).

Di tahun selanjutnya – yaitu di tahun 1990-an – console versi 16-bit kembali dihebohkan dengan platform game generasi kedua, yaitu Sonic The Hedgehog yang dirilis oleh Capcom. Game ini telah menjadi maskot console Sega karena karakter Sonic yang fenomenal ini. Di platform game generasi kedua ini diperkenalkan fitur baru seperti karakter AI yang dibuat untuk mendukung avatar yang dikendalikan oleh pemain (Seperti Strider milik Capcom dan Shadow Dancer milik Sega). Desainnya juga lebih meningkat dibanding platform game generasi sebelumnya. Sekitar tahun 1980 dan awal 1990-an, beberapa platform game untuk PC juga sudah mulai dirilis di pasaran, dimulai dari Amiga, Shadow of the Beast, Turrican, Prince of Persia, dan masih banyak lagi. Di tahun berikutnya, berkembang 2.5D game, di mana gameplay-nya berjenis 2D, namun dikombinasikan dengan tampilan visual 3D seperti Clockwork Knight yang dirilis oleh Sega di tahun 1994.
Clockwork Knight
Perkembangan video game terus berkembang pesat seiring dengan berkembangnya zaman, dan di beberapa tahun berikutnya akan muncul 3D game yang akan menjadi game yang paling diminati hingga saat ini – yang akan saya bahas sedikit di artikel berikutnya.









Referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Platform_game

Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.