Senin, 20 Mei 2013

3D Game

Antarctic Adventure

Di artikel kali ini saya akan membahas sedikit tentang game 3D yang merupakan jenis game paling banyak dimainkan hingga saat ini.
Game 3D merupakan game yang desain latar dan avatar-nya sudah di-render secara 3D dan juga sudut kamera yang bisa diposisikan ke mana-mana sesuai dengan keinginan pemain. Game pertama yang menggunakan konsep 3D ini adalah platform game bernama Antarctic Adventure yang dirilis oleh Konami pada tahun 1983, di mana pemain mengontrol seekor penguin dalam perspektif orang ketiga secara forward-scrolling untuk melompati lubang dan halangan.

 Selanjutnya beberapa game yang menjadi maskot di masanya dibuat versi 3D-nya, mulai dari Sonic hingga Super Mario Bros yang avatar serta latar tempatnya sudah dibuat secara 3D dan juga sudut kamera yang tidak statis saja. Di tahun 2012 lalu Sega merilis sebuah game yang menggabungkan game 2D dan 3D dalam satu progam, yaitu Sonic Generations.
Sonic Generations

Game 3D di masa ini telah banyak disukai oleh masyarakat hingga saat ini, dikarenakan game tersebut dapat memberikan fitur-fitur yang lebih interaktif bagi pemain untuk mengontrol avatar-nya. Tentu saja 3D sound juga ikut dimasukkan ke dalam game tersebut agar makin menambah kesan realistik. Kini game di zaman sekarang sudah bermacam-macam genre-nya – tidak hanya platform game saja. RPG, MMORPG, FPS, dan masih banyak lagi genre yang telah menghiasi industry game saat ini. Desaian karakter dan juga latar tempanya pun dibuat serealistik mungkin hingga menyerupai bentuk di dunia asli. Selain itu, menjamurnya 3D game di pasaran juga didukung oleh spesifikasi console dan juga PC yang semakin canggih.

Dulu masyarakat ingin sebuah game yang dapat mengisi waktu luang dengan menyenangkan dan tidak begitu memperhatikan desain dan juga alur cerita, kini masyarakat sudah mulai banyak menginginkan game yang memiliki desain 3D yang bagus serta alur cerita yang menarik sehingga para pembuat game berlomba-lomba membuat game yang seperti itu. Apakah 2D game sudah musnah dari peredaran sekarang ini? Tidak juga. Masih banyak para penikmat game yang memainkan game zaman dulu dikarenakan untuk mengenang masa kecil mereka ketika memainkan game tersebut, dan perasaan itulah yang membuat game zaman dulu tersebut tidak terasa membosankan – justru sebaliknya – terasa sangat menyenangkan dan penuh dengan nostalgia.

Final Fantasy XIII


Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.