Senin, 20 Mei 2013

GAME 2D VS GAME 3D: APA PERBEDAANNYA?


        Modern game datang dengan banyak ragam. Perbedaan besar yang dapat terlihat adalah game 2D dan 3D. Banyak game di zaman sekarang yang berfokus pada grafis 3D lanjutan, berharap menghasilkan tampilan yang lebih realistis.
Walaupun begitu, banyak pengembang game yang masih tetap untuk melanjutkan game 2D. Pilihan untuk memproduksi game 2D dan 3D tergantung dari tipe game tersebut, di mana game platforming lebih cenderung ke gaya 2D dan first-person shooter memilih gaya 3D.

Berikut beberapa perbedaan mencolok antara game 2D dengan 3D:
  • ·         PRODUKSI

Tindakan untuk membuat sebuah game beragam bergantung pada apakah game tersebut 2D atau 3D. Game 3D bergantung pada model, bentuk 3D yang didisain di komputer, sedangkan game 2D bergantung pada sprite (Citra atau animasi dua dimensi yang terintegrasi ke dalam layar yang lebih lebar), gambar 2D di atas permukaan datar. Model 3D dapat dibandingkan dengan patung, sedangkan sprite 2D mirip dengan gambar yang datar. Oleh karena game 3D ini membutuhkan lebih banyak asset seni, maka proses pembuatannya akan memakan waktu yang jauh lebih lama daripada game 2D.
  • ·         REALISME VISUAL

Satu hal perbedaan yang paling jelas kelihatan antara game 2D dan 3D terletak pada kualitas visualnya. Walaupun game 2D seringkali dapat mendemonstrasikan desain artistik yang luar biasa, namun game 3D lebih baik dalam menyimulasikan realita. Akibatnya, banyak game yang berfokus pada realitas visual memilih game engine 3D sebagai basisnya.
  • ·         MOVEMENT

Gerakan dalam game bergantung pada apakah game tersebut 2D atau 3D. Game 3D mengizinkan pemain untuk bergerak dalam dunia 3D, yang berarti bahwa pemain dapat bergerak lebih dalam dan lebih dekat ke dalam layar. Di sisi lain, game 2D membatasi gerakan pemain di bidang datar, biasanya hanya ke kiri dan ke kanan saja, namun ada banyak juga yang menggunakan gerakan yang lainnya.
  • ·         KONTROL

Sejak dimensi game menentukan jangkauan gerakan pemain, game 2D dan 3D menggunakan cara yang berbeda untuk mengontrol karakternya. Game 3D menggunakan joystick untuk mengontrol avatar­-nya bergerak di area dunia 3D tersebut. Di sisi lain, game 2D menggunakan digital pad yang mengizinkan pemain untuk     menekan tombol atas, bahwa, kiri dan kanan saja alias terbatas.

Evolusi game Zelda dari 2D ke 3D 

Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.