Jumat, 17 Mei 2013

GAMES TECHNOLOGY


Kali ini saya akan membahas tentang games technology, meliputi apa itu games dan juga hal-hal yang berkaitan dengan itu. Saya akan mulai dari pembahasan tentang apa itu games.
Games atau yang biasa disebut sebagai video games adalah sebuah permainan elektronik yang melibatkan interaksi pengguna  dengan sebuah user interface yang digunakan sebagai feedback visual di video device. Kata video dalam video games awalnya berarti merujuk pada sebuah device tampilan cathode ray tube (CRT), namun sekarang kata video ini bisa merujuk ke semua tipe visual device yang dapat menghasilkan citra dua atau tiga dimensi. Sistem elektronik yang digunakan untuk memainkan video games dikenal sebagai platform, contohnya antar lain personal computer (PC) dan video games console. Platform ini berkisar dari mainframe computer yang besar hingga perangkat genggam kecil. Video games special seperti arcade games – yang dulu sempat umum – kini sudah tidak ada lagi.

Perangkat input yang digunakan untuk memanipulasi video games disebut sebagai game controller, dan berbeda-beda untuk tiap platform. Sebagai contoh, sebuah controller bisa hanya terdiri dari sebuah tombol dan sebuah joystick, di mana yang lain bisa memiliki banyak tombol dan hanya satu atau lebih joystick. Games personal computer dulu sering kali membutuhkan sebuah keyboard dan sebuah joystick yang terpisah untuk memainkannya, namun sekarang lebih banyak menggunakan keyboard dengan mouse secara bersamaan sebagai game controller-nya. Contoh lain dari game controller yang masih digunakan hingga saat ini adalah gamepad (joystick yang digunakan untuk PC).

Selain itu, pada video games biasanya tidak hanya memunculkan grafik saja ke pemain, namun juga unsur-unsur lain. Audio sangat penting untuk membuat game terasa lebih “hidup” dan biasanya harus menggunakan speaker atau headphones sebagai output device-nya. Selain itu beberapa game juga menggunakan feedback berupa getaran yang pemain rasakan saat bermain game tersebut (Misalnya pada saat terjadi peristiwa ledakan di gameplay tersebut) supaya makin membuat game terasa lebih “hidup” dan lebih atraktif bagi pemain yang memainkannya.

Demikian sekilas tentang pengenalan video game. Di artikel selanjutnya saya akan membahas tentang sejarah dari video game dari awal kemunculannya hingga sampai sekarang ini.

Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.