Minggu, 19 Mei 2013

Sejarah Singkat Video Games


Di artikel kali  ini saya akan membahas tentang sejarah dari video games dari permulaan hingga sampai sekarang ini secara singkat.


Tennis for Two!
Awal video games pertama kali menggunakan perangkat elektronik interaktif dengan format tampilan yang beragam. Contoh pertama kali adalah di tahun 1947 – sebuah “Cathode Ray Tube Amusement Device” dipatenkan pada 25 Januari 1947 oleh Thomas T. Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann. Terinspirasi oleh teknologi tampilan layar, perangkat ini terdiri dari analog yang mengizinkan user untuk mengontrol titik vector di layar untuk menyimulasikan sebuah misil yang ditembakkan ke target. Contoh lainnya antara lain komputer Nimrod pada tahun 1951, game komputer OXO yang dibuat oleh Alexander D. Douglas pada tahun 1952, game interaktif elektronik bernama Tennis for Two yang dibuat oleh William Higinbotham pada tahun 1958, serta Spacewar! yang dibuat oleh mahasiswa di MIT, Martin Greetz, Steve Russell, dan Wayne Witanen pada tahiun 1961. Masing-masing game menggunakan tampilan yang berbeda dan di device yang berbeda juga.

Atari's Pong
Di tahun 1971, Computer Space, dibuat oleh Nolan Bushnell dan Ted Debney, adalah video game yang dioperasikan dengan koin dan dijual secara komersial. Video game ini menggunakan televise hitam-putih untuk tampilannya. Selanjutnya di tahun 1972 video game bernama Magnavox Odyssey dilepas ke pasaran dan merupakan home console pertama. Selanjutnya dibuat dua versi dari Atari’s Pong – satu untuk arcade game dan satu untuk home console – sukses laris di pasaran pada saat itu dan ini secara dramatis meningkatkan popularitas video game. Karena kehebohannya ini membuat para perusahaan membuat video game yang mirip dengan Atari’s Pong, begitu banyak hingga terjadi sebuah peristiwa bernama video game crash pada tahun 1977 yang mencapai akhirnya dengan kesuksesan besar dari shooter game bernama Space Invaders yang dibuat oleh Taito pada tahun 1978, menandakan awal dimulainya zaman emas arcade video game dan menginspirasi begitu banyak pembuat masuk ke pasar. Game yang terinspirasi oleh mesin arcade ini ditempatkan di tempat-tempat yang strategis seperti pusat perbelanjaan, restoran, convenience store, dan depan toko tradisional. Selanjutnya, game ini dirilis ke console Atari VCS (Yang nanti dikenal sebagai Atari 2600) yang merupakan console generasi kedua. Selanjutnya mulai muncul banyak console yang membuat booming lagi, dimulai dari Nintendo Entertainment System yang memasarkan game untuk home console yang dibuat oleh Nintendo juga hingga sampai pada generasi kedelapan dari game console – di mana merupakan generasi game console saat ini – yang meliputi Nintendo Wii U dan PlayStation 4.


Nintendo Wii-U

Share/Bookmark

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thank you for your comment.I'm really appreciate it.